Kesan pertama merupakan hal yang paling penting untuk ditampilkan dengan baik. Hal ini berlaku juga dalam sebuah toko atau ritel. Sebuah toko harus konsisten dalam performa terbaiknya, untuk memberikan representasi visual terbaik dari produk yang dijualnya.
Memberikan pengalaman visual yang baik dan menyenangkan bisa menjadi langkah pertama dalam menarik minat pembeli. Visual merchandising mencakup segala sesuatu mulai dari tampilan etalase dan tampilan produk hingga papan nama di dalam toko.
Sebuah studi menunjukkan bahwa tampilan yang menarik dapat meningkatkan penjualan hingga 540%. Selain itu, 84% konsumen percaya bahwa estetika toko memengaruhi keputusan pembelian secara signifikan.
Berikut tips dan teknik visual merchandising yang bisa dicoba.
Pahami Psikografis Target Pelanggan
Memahami target pelanggan Anda adalah langkah pertama untuk menciptakan visual merchandising dan tampilan produk yang efektif.
Dapatkan Inspirasi
Sebelum membuat visual merchandise, carilah inspirasi melalui media sosial, desain ritel online, atau pinterest untuk mendapatkan banyak inspirasi.
Tarik Perhatian Pancaindra
Rahasia toko ritel yang benar-benar berpengalaman adalah menciptakan pengalaman multisensori (juga dikenal sebagai sensory branding). Untuk menarik perhatian pembeli, buatlah tampilan produk yang melibatkan ke-5 pancaindra, yakni penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman, dan pengecap.
Gunakan Teori Desain
Memahami beberapa teori desain utama akan membantu membuat tampilan yang menarik dan sesuai dengan desain di dalam toko. Saat membuat display, perhatikanlah empat teori desain, yakni keseimbangan, kontras, ruang putih, dan kesatuan.
Bersikap Berani
Buatlah desain visual merchandise yang berani. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan produk yang membuat pelanggan bereaksi: dengan mengambil foto dan membagikannya di Instagram, berinteraksi dengan produk, dan akhirnya membelinya.
Perhatikan Tema Toko
Saat mendesain window display, penting untuk diingat bahwa window display hanyalah salah satu bagian dari keseluruhan desain toko. Pastikan itu cocok dengan dekorasi, gaya, dan merek toko secara keseluruhan.
Kelompokkan Produk
Mengelompokkan produk yang memiliki tema serupa membuat toko menjadi lebih mudah dinavigasi dan memungkinkan pelanggan menelusuri berdasarkan kategori dan menemukan pembelian tambahan tambahan di sepanjang proses.
Tambahkan Signage yang Menarik
Signage yang kreatif dapat membantu untuk mengelompokkan produk dengan jelas, memberitahu pelanggan cara pembuatannya, menampilkan promosi, dan banyak lagi.
Kelompokkan Produk yang Bisa Dibeli Bersama
Dengan menempatkan produk-produk yang serasi secara nyaman, membuat perjalanan belanja pelanggan menjadi lebih mudah, dan juga memberi mereka ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.
Rutin Perbarui Tampilan Produk
Setiap kali memiliki inventaris baru yang penting atau transisi dari satu musim ke musim lainnya, pemilik toko harus mempertimbangkan untuk memperbarui merchandising, tampilan, tata letak, dan papan nama toko.
Buat Anggaran Ide Desain
Ada jutaan cara untuk meningkatkan desain toko, namun tidak semua toko memiliki dana yang cukup untuk menggunakannya. Ada 6 strategi untuk membantu mempercantik visual merchandise, di antaranya adalah lakukan pembersihan menyeluruh, sesuaikan pencahayaan, gunakan tampilan barang non-tradisional, buat speed bump, buat dinding yang kuat.