Jadi Penilaian Utama, Perhatikan Exterior Visual Merchandising Tokomu!

Merchandising

Tidak bisa dipungkiri bahwa visual merchandising menjadi salah satu penilaian penting konsumen dari setiap toko. Visual merchandising (VM) sendiri adalah metode menampilkan produk kepada pelanggan dengan cara yang menarik secara visual.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Menentukan Merchandising

Ini adalah proses menampilkan barang dagangan dengan cara yang menonjolkan fitur dan manfaat, menggoda pelanggan di dalam toko sekaligus meningkatkan keterlibatan dan penjualan.

Teknik-teknik ini digunakan oleh semua bisnis ritel karena memainkan peran penting dalam desain toko. Visual merchandising sendiri terbagi menjadi dua, yaitu interior dan exterior. Salah satu yang menjadi penilaian utama konsumen adalah exterior visual merchandising.

Dengan begitu, berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum kamu menentukan exterior visual merchandising untuk tokomu.

1. Tampilan Jendela

Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (David Anthony Kreatif)
Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (David Anthony Kreatif)

Tampilan jendela atau window displays memiliki kekuatan untuk mengubah siapa pun yang berlalu lalang di depan toko, menjadi seorang konsumen. Hal itu karena tampilan jendela menjadi first impression calon konsumen.

Jendela toko harus memberikan gambaran tentang bisnismu secara keseluruhan. Apa yang tampil dalam window displays harus mengomunikasikan produk yang dijual, serta menggambarkan gaya umum dan suasana toko.

Ada beberapa jenis window displays yang di antaranya adalah:

  • Open-backed: Jenis window displays ini memungkinkan calon konsumen melihat ke dalam toko di balik etalase, karena tidak ada papan pendukung. Ini memberi orang yang lewat dapat melihat sekilas ke dalam toko.
  • Closed: Tampilan window displays closed atau tertutup menggunakan papan belakang, yang menghalangi pandangan ke dalam toko. Hal ini dapat menimbulkan rasa penasaran yang mendorong calon konsumen untuk masuk, namun juga dapat menghalangi cahaya alami.
  • SemiClosed: Tampilan jendela semi-closed ini menggunakan papan pendukung yang berada di belakang sebagian tampilan, tanpa menghalangi seluruh pandangan ke dalam toko.
  • Island: Tampilan ini terletak di dalam toko tetapi dapat dilihat dari jendela, serta dari berbagai sudut di dalamnya. Pencahayaan sangat penting pada jenis window displays ini untuk menyorot produk.
  • Arcade-Style: Untuk style ini, window displays harus menonjol melampaui pintu, sehingga memberikan ruang pajangan terbatas yang menonjol di jalan.

2. Papan Tanda Eksterior

Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (Freepik.com)
Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (Freepik.com)

Papan tanda pada eksterior toko juga harus dipikirkan dengan matang. Tidak hanya itu, kamu sebagai pemilik toko juga harus memastikan konsumen dengan mudah menghafalnya.

Hal ini adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pelanggan, jadi pastikan itu mewakili tokomu sebaik mungkin. Ada beberapa jenis papan tanda eksterior yang bisa kamu gunakan, di antaranya adalah:

  • Papan Fasia: Menggunakan papan ini kamu bisa berkesempatan untuk menampilkan merek, jadi buatlah merek yang berani, jelas, dan menarik. Cantumkan warna merek, logo, atau informasi lebih lanjut tentang stok di dalam toko, berhati-hatilah agar tidak membuatnya terlalu rumit.

  • Papan Tanda Trotoar: Ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, baik itu promosi, ucapan lucu, atau kutipan inspiratif. Bisa menarik perhatian orang yang lewat, papan tanda trotoar adalah cara fantastis untuk menunjukkan kepribadianmu dan melakukan sesuatu yang sedikit berbeda.

  • Papan Tanda Pintu: Tanda ini sering kali digunakan sebagai tanda buka/tutup, namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Jadilah kreatif dan pikirkan cara apa pun untuk meningkatkan atau menyederhanakan pengalaman pelanggan saat mereka memasuki toko.

  • Papan Tanda Jendela: Memanfaatkan jendela adalah cara lain untuk menarik perhatian orang yang lewat dengan etalase tokomu. Beberapa orang memilih untuk menggunakan latar belakang transparan pada papan iklan yang menyoroti pesan atau promosi, sementara yang lain menggunakan latar belakang berwarna cerah untuk menonjolkan papan iklan di jendela mereka.

3. Pencahayaan Eksterior

Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (David Anthony Kreatif)
Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (David Anthony Kreatif)

Pencahayaan dapat membuat toko lebih menarik dari luar. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan pencahayaan eksterior, antara lain:

  • Pencahayaan pada signage agar menonjol
  • Pencahayaan pintu untuk menciptakan nuansa ramah
  • Pencahayaan jendela untuk menarik perhatian ke tampilan jendela

Ingat, sebagian pencahayaan interior tokomu mungkin terlihat dari luar, jadi pertimbangkan dampak tampilan ini terhadap calon konsumen yang lewat.

4. Hadirkan Ruang Antre yang Nyaman

Ilustrasi Exterior Visual Merchandising. (Freepik.com)
Ilustrasi Exterior Visual MerchaIlustrasi Exterior Visual Merchandising. (Freepik.com)
ndising. (Freepik.com)

Bagi toko yang ingin membatasi jumlah orang yang berada di dalam toko pada satu waktu, ada baiknya menciptakan ruang antre yang nyaman.

Memiliki antrean yang mengundang memungkinkan kamu berinteraksi dengan pelanggan saat mereka menunggu, alih-alih menghalangi mereka. Maka, cobalah ubah antrean menjadi menyenangkan dengan menyediakan area antrean yang menyamarkan, atau menghadirkan kode QR serta iklan interaktif di bagian luar toko.