Apa itu merchandise? Istilah “merchandise” mengacu pada produk apa pun yang tersedia untuk dibeli atau dijual. Ini mencakup berbagai macam barang, seperti bahan makanan di supermarket, pakaian di toko ritel, barang elektronik di situs web e-commerce, atau bahan mentah di gudang manufaktur. Intinya, jika suatu barang dapat dibeli atau dijual, maka barang tersebut termasuk dalam kategori barang dagangan.
Mengapa merchandise itu penting?
Merchandise memainkan peran penting di toko Anda, menawarkan beberapa manfaat signifikan. Ini juga meningkatkan penjualan dengan menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik bagi pelanggan. Merchandise juga meningkatkan profitabilitas dengan menghasilkan keuntungan margin yang lebih tinggi. Selain itu, juga berkontribusi terhadap pengendalian biaya dengan meningkatkan efisiensi lantai penjualan dan produktivitas karyawan Anda.
Bagaimana cara mengelola merchandise?
- Produk
Mencocokkan alokasi produk dengan profil dan sifat masing-masing toko sangatlah penting.
- Tempat yang benar
Penempatan produk harus didasarkan pada rencana musiman dan strategi menyeluruh untuk memastikan penempatan produk berada di lokasi yang optimal.
- Waktu
Pastikan produk segera sampai di toko untuk peluncuran musiman, dan perhatikan baik-baik penyetokan ulang yang sedang berlangsung untuk mencegah produk kehabisan.
- Kuantitas
Mendistribusikan dan mengisi kembali jumlah produk yang diperlukan secara efektif untuk mengoptimalkan penjualan tanpa mengganggu tampilan.
- Harga
Menetapkan strategi penetapan harga dan penurunan harga yang tepat serta menjamin bahwa seluruh sistem mematuhi rencana.