Banyak Ragam, Ketahui Jenis-Jenis dari Visual Merchandising 

Visual merchandising yang saat ini menjadi kunci penting dalam ritel sudah dikenal sejak akhir abad ke-19 ketika semua departement store di London, Liberty & Co. menggunakan etalase kreatif untuk mempromosikan produknya.

Inovasi tersebut menandai dimulainya era baru di mana para pengusaha mulai menggunakan tampilan visual sebagai alat penting untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Saberapa Penting Visual Merchandise?

Saat ini, visual merchandising merupakan aspek penting dari ritel modern dan mencakup berbagai teknik dan alat, masing-masing memiliki tujuan unik dan berkontribusi terhadap pengalaman ritel secara keseluruhan.

Selama beberapa dekade visual merchandising juga terus berkembang dan berinovasi, beberapa bentuk visual merchandising yang berbeda di antaranya adalah sebagai berikut.

Tampilan Jendela

Ilustrasi tampilan jendela. (Freepik.com)

Tampilan jendela adalah kesan pertama yang dimiliki pelanggan terhadap sebuah toko, dan memainkan peran penting dalam menciptakan daya tarik yang memikat pelanggan untuk memasuki toko.

Tampilan jendela yang dirancang dengan baik harus diperbarui secara berkala untuk menonjolkan barang dagangan musiman dan menarik perhatian, kreatif, dan mencerminkan citra merek toko.

Pajangan di Dalam Toko

Ilustrasi pajangan dalam toko. (Freepik.com)

Pajangan di dalam toko digunakan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang kohesif dan menarik bagi pelanggan, memandu mereka menjelajahi toko, dan menyoroti produk atau kategori tertentu.

Pajangan ini bisa sederhana atau rumit, tergantung pada tujuan pemilik store dan jenis produk yang dijual.

Perencanaan Lantai

Ilustrasi perencanaan lantai. (Freepik.com)

Perencanaan lantai, juga dikenal sebagai tata letak, melibatkan penataan produk di toko untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan lingkungan yang menarik secara visual.

Perencanaan lantai merupakan aspek penting dari visual merchandising, karena membantu menciptakan jalur yang jelas bagi pelanggan untuk diikuti saat mereka menjelajahi toko, dan memastikan bahwa produk ditempatkan di lokasi yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Tampilan POP

Ilustrasi Pop Display. (repsly.com)

POP atau tampilan tempat pembelian, seperti namanya diposisikan di dekat tempat pembelian, seperti di konter kasir atau di dekat pintu keluar.

Mereka biasanya digunakan untuk mempromosikan pembelian impulsif atau untuk menyoroti produk tertentu.

Alat Peraga

Ilustrasi Alat Peraga. (Pexels.com/Amar Preciado)

Jenis visual merchandising ini melibatkan penggunaan alat peraga dan dekorasi untuk meningkatkan daya tarik visual toko dan menciptakan lingkungan bertema.

Alat peraga dapat berkisar dari tampilan sederhana bunga atau tanaman hijau hingga set rumit yang membawa pelanggan ke dalam tema atau suasana tertentu.

Tampilan Gaya Hidup

Visual merchandise
Ilustrasi Tampilan Gaya Hidup. (Pexels.com/Budgeron Bach)

Tampilan gaya hidup dirancang untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang mendalam bagi pelanggan dengan menampilkan produk dalam suasana atau konteks tertentu.

Hal ini dapat sangat membantu bagi pelanggan yang sedang mempertimbangkan pembelian dalam jumlah besar atau mahal, karena membantu memberikan gambaran konteks dan membuat produk terasa lebih nyata dan nyata.

Tampilan Musiman

Visual merchandise
Ilustrasi Tampilan Musiman. (Pexels.com/Elina Fairytale)

Tampilan musiman dibuat untuk mencerminkan musim, hari libur, atau acara tertentu. Pajangan ini dapat ditemukan di etalase toko, pajangan di dalam toko, atau bahkan di area luar ruangan, dan biasanya digunakan untuk mempromosikan produk yang relevan dengan musim atau hari libur saat ini.

Tampilan Tematik

Visual merchandise
Iustrasi Tampilan Tematik. (Pexels.com/Maria Orlova)

Tampilan tematik dibuat berdasarkan tema atau konsep tertentu, seperti gaya atau tren tertentu.

Misalnya, store pakaian mungkin membuat pajangan yang menampilkan tren fashion terkini, atau store furniture mungkin membuat pajangan yang menampilkan furniture dengan gaya tertentu, seperti minimalis atau industrial.

Pajangan Manekin

Visual merchandise
Ilustrasu Manekin. (Pexels.com/Lisa Fotios)

Ini menampilkan manekin yang mengenakan pakaian atau aksesori untuk menampilkan tampilan atau gaya tertentu.Misalnya, store pakaian mungkin menggunakan tampilan manekin untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana tampilan suatu pakaian saat dikenakan, atau untuk menampilkan gaya atau tren tertentu.